beranda » kontak » kontak Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Faq (Frequently Asked Questions)


Apa perbedaan MB-IPB dan MMA-IPB?

MB-IPB (Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB)  merupakan hasil elevasi dari MMA-IPB (Magister Manajemen Agribisnis IPB).  Setelah dielevasi, MB-IPB tidak hanya menyelenggarakan program pascasarjana Strata-2 yaitu Magister Manajemen, tetapi juga menyelenggarakan program pascasarjana Strata-3 yaitu Doktor Manajemen Bisnis yang biasa disingkat DMB.

Sejak kapan Program MMA diselenggarakan?

MMA-IPB berdiri sejak tahun 1991, yang merupakan program S2 dibidang Manajemen Agribisnis pada Sekolah Pascasarjana IPB, dan sekaligus pelopor penyelenggaran program pascasarajana S2 bidang Manajemen Agribisnis di Indonesia.  Dengan bergulirnya waktu, setelah berkiprah 15 tahun MMA-IPB dielevasi menjadi MB-IPB yang dipercaya untuk menyelenggarakan Program Doktor Manajemen Bisnis pada 01 April 2006 yang langsung diresmikan oleh Presiden R.I. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA

Apakah sajakah persyaratan menjadi mahasiswa di MB-IPB?

Secara prinsip persyaratan pendaftaran bagi calon peserta Magister Manajemen (MM)adalah lulus S1 dan mengikuti tes penerimaan.  Adapun persyaratan teknis dapat dilihat pada informasi pendaftaran MM-IPB.

Adapun untuk program Doktor Manajemen Bisnis (DMB-IPB), calon peserta harus lulusan S2 dan selanjutnya mengiikuti tes penerimaan. Persyaratan lainnya dapat dilihat pada informasi pendaftaran DMB-IPB.

Apakah MB-IPB menerima mahasiswa dengan gelar kesarjanaan S1 dari jurusan non ekonomi?

Baik program S2 (MM) maupun S3 (DMB) pada program pascasarjana MB-IPB  dapat menerima calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, hal ini dikarenakan manajemen dan bisnis dikatagorikan kedalam multi disiplin ilmu.  Oleh karena itu, untuk memberikan dasar-dasar ilmu dan penyamaan persepsi, sebelum masuk pada perkuliahaan harus mengikuti terlebih dahulu matrikulasi untuk S2 atau Pre Doctoral Course untuk S3.

Apakah periode penerimaan mahasiswa MB-IPB lebih dari sekali dalam satu tahun?

Ya.  Dalam setahun program MB membuka 2 kali penerimaan mahasiswa untuk kelas pagi, yaitu setiap periode April dan Oktober.  Sedangkan untuk kelas sore, baik yang di Jakarta maupun di Bogor penerimaan mahasiswa hanya dilakukan sekali dalam setahun, yaitu setiap periode Juli   Adapun tes penerimaan baik untuk kelas pagi maupun kelas sore diselenggarakan tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, dan Agustus setiap tahunnya. Lebih rincinya dapat dilihat pada kalender akademik MM.

Bagaimana dengan penerimaan mahasiwa DMB?

Untuk penerimaan Program Doktor atau DMB-IPB hanya dilakukan satu kali dalam setahun dimana kelas baru dimulai pada periode Oktober. Adapun untuk Tes Penerimaannya dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu setiap periode Februari dan Agustus. Lebih rincinya dapat dilihat pada kalender akademik DMB. .

Berapakah biaya studi program MM hingga lulus?

Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti program MM-IPB tergantung dari kelas mana yang dipilih. Untuk kelas pagi biaya perkuliahan sebesar Rp. 50.000.000,-, sedang untuk kelas sore sebesar Rp. 65.000.000,-. Biaya tersebut berlaku dari mulai Kuliah triwulan satu sampai dengan lulus, tetapi belum termasuk biaya matrikulasi, karena besarnya biaya tersebut tergantung dari banyaknya mata kuliah yang wajib diambil pada periode matrikulasi berdasarkan hasil tes diagnostik. Adapun biaya matrikulasi maksimal sebesar Rp. 6.000.000,- untuk kelas pagi, sedangkan untuk kelas sore maksimal Rp. 6.500.000.

Berapakah biaya studi program DMB hingga lulus?

Total Biaya pendidikan per peserta adalah Rp 160 juta atau Rp 4.200.000 per SKS. Biaya pendidikan dapat dibayarkan menjelang awal perkuliahan tiap semester.

Bagaimana cara pembayaranya ?

Baik untuk MM maupun DMB, pembayaran biaya kegiatan akademik dapat dilakukan secara bertahap, yaitu setiap triwulan untuk MM dan setiap semester untuk DMB.

Berapa lama pendidikan di MM dapat diselesaikan?

Untuk kelas pagi dapat diselesaikan antara 18 - 27 bulan, dengan rincian 3 bulan matrikulasi, 12 bulan (4 triwulan) perkuliahaan, penyelesaian tesis 3 - 12 bln.  Sedangkan untuk kelas sore dapat diselesaikan antara 21 - 30 bulan, dengan rincian  3 bulan matrikulasi, 15 bulan (5 triwulan) perkuliahaan, penyelesaian tesis 3 - 12 bln

Bagaimana dengan lama pendidikan di Program DMB ?

Program DMB dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun, dengan perincian 3 bulan pre doctoral course, 18 bulan perkuliahan ( semester 1 sampai dengan semeter 3 ) dan penelitian selama 18 bulan (semeter 4 - 6).

Bagaimana Proses seleksi untuk Program Doktor Manajemen Bisnis - IPB?

Proses seleksi di bagi atas dua tahap:
1. Seleksi Berkas (semua berkas persyaratan akan direkap), lalu
2. Tahap Wawancara (hasil rekap persyaratan akan di berikan kepada tim wawancara dan akan menjadi bahan pada saat seleksi wawancara)

Apakah MB-IPB memiliki Kantor Perwakilan di Jakarta?

Saat ini kami belum memiliki  kantor perwakilan di Jakarta

Apabila saya pertama mengambil Program MM kelas pagi kemudian ingin berpindah ke kelas sore apakah bisa? Kalau bisa bagaimana prosedur pembayarannya?

Bisa, prosedur biaya diawal perkuliahan mengikuti biaya untuk kelas pagi, pada saat pindah ke kelas sore biaya mengikuti biaya untuk kelas sore.

Kapan kelas MM dimulai (pagi dan sore) dan dalam 1 tahun apakah hanya 1 kali penerimaan saja?

Penyelenggaraan kelas di MM, dibagi atas dua: Kelas Pagi diselenggarakan dua kali setahun yang perkuliahannya pada bulan April dan Oktober, sedang penyelenggaraan Kelas Sore diselenggarakan satu kali setahun yang perkuliahannya pada bulan Juli.

Untuk kelas sore, apakah ada kelas yang diadakan khusus hari sabtu saja?

Kelas sore terbagi dua kelas perkuliahan: Kelas Sore Bogor diselenggarakan setiap hari Senin s/d Kamis pukul 18.30 - 21.30 WIB di Gedung MB-IPB, Jl.Raya Pajajaran-Bogor, sedang Kelas Sore Jakarta diselenggarakan sore hari pukul 18.30 - 22.00 WIB pada hari Kamis dan Jum’at di Gedung Diklat Bulog, Jl. Kuningan Timur Blok M 2 No. 5, Jakarta Selatan dan hari Sabtu pukul 08.00-16.15 Wib di Gedung MB-IPB Bogor.

Apakah biaya untuk MM bisa dicicil per-bulannya?

Ada dua alternatif pembayaran, yaitu bulanan dan triwulanan