beranda » dmb » Mail5 pdf word print Bookmark and Share
A.  Mata Kuliah Pre Doctoral

SBI 701      Matematika dan Statistika untuk Manajemen dan Bisnis
Mata kuliah Matematika dan Statistika untuk Manajemen dan Bisnis (MSMB) ini memberikan landasan metode kuantitatif yang sangat dibutuhkan untuk memahami teori ekonomi dan manajemen operasi serta metode kuantitatif, seperti statistika, ekonometrika serta pemrograman matematis, yang tentunya diperlukan untuk menyelesaikan tugas akhir. Materi pokok matakuliah ini mencakup dasar-dasar matematika terapan serta dasar-dasar statistika terapan.

SBI 703      Ekonomi untuk Manajemen dan Bisnis
Pada mata kuliah Ekonomi untuk Manajemen dan Bisnis (EMB) ini dibahas prinsip-prinsip dasar ilmu ekonomi yang meliputi Perilaku konsumen, Perilaku produsen, Mekanisme pembentukan harga dalam pasar, dan Peranan pemerintah dalam mekanisme pasar. Pembahasan mencakup perilaku ekonomi di tingkat mikro maupun makro atau agregat.

B. Mata Kuliah Wajib

PPS 702      Falsafah Sain  Etika Bisnis dan Corporate Governance    2
Mata kuliah Falsafah Sain: Etika Bisnis dan Corporate Governance (FSEBCG)  bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori Etika dan Corporate Governance yang berkaitan langsung dengan bisnis. Kuliah ini juga membahas berbagai praktek Good Corporate Governance di berbagai perusahaan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan interdisipliner dengan penekanan pada dua topik utama, yaitu etika bisnis dan tanggung jawab sosial (social responsibility). Di samping itu, kebijakan dan isu terpilih akan digunakan sebagai ilustrasi tentang pentingnya komponen etika dalam penyusunan keputusan bisnis.

SBI 702      Metode Kuantitatif untuk Manajemen Bisnis Lanjut    2
Mahasiswa diberikan metode-metode kuantitatif yang diperlukan dalam melakukan suatu riset empiris untuk studi lanjutan atau riset yang sedang dilakukannya. Mata kuliah ini diberikan dengan lebih menitikberatkan pada aplikasi riset bisnis daripada pengembangan teorinya. Mata kuliah ini secara konsisten memberikan informasi mengenai konsep pengembangan model. Teknik-teknik yang dikembangkan di dalam mata kuliah ini secara luas dapat diaplikasikan pada bidang-bidang manajemen, pemasaran, finansial, ekonomi, maupun perilaku organisasi. Di dalam mata kuliah ini juga diperkenalkan aplikasi metode kuantitatif dengan menggunakan komputer.

SBI 704      Ekonomi Manajerial Lanjut    3
Mata kuliah Ekonomi Manajerial Lanjut (EML) difokuskan pada isu-isu teori makroekonomi dan mikroekonomi, beserta berbagai implikasinya pada situasi bisnis riil. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberikan pengenalan dan pendalaman mengenai alat-alat ekonomi untuk menganalisa perilaku konsumen, prinsip-prinsip teori produksi dan biaya dalam suatu industri, serta kebijakan penentuan harga pada pasar-pasar yang berbeda.

SBI 711      Teori Organisasi              3
Mata kuliah Teori Organisasi (TO) berhubungan dengan aspek-aspek perilaku individu di dalam organisasi, serta proses pengelolaan organisasi. Dalam mata kuliah ini dipelajari faktor-faktor manusia dalam manajemen, cara mengelola individu, hubungan antarindividu maupun pengembangan tim. Secara khusus di dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai perubahan organisasi melalui kepemimpinan.

SBI 731      Manajemen Keuangan dan Investasi Lanjut    3
Mata kuliah Manajemen Keuangan dan Investasi Lanjut (MKIL) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang hubungan antara investasi, pembelanjaan, kebijaksanaan deviden terhadap tujuan perusahaan, serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan. Membahas tentang konsep-konsep lanjut yang difokuskan pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, dan proses penilaian.  Selain itu, dibahas pula tentang teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan.

SBI 751     Manajemen Strategik Lanjut    3
Mata kuliah Manajemen Strategik Lanjut (MSL) memperdalam konsep-konsep strategi dan implementasinya dalam organisasi. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mengapresiasi peranan manajer dalam menciptakan dan mempertahankan keberlanjutan kinerja organisasi. Melalui mata kuliah ini pengembangan kemampuan antarfungsi manajerial secara holistik dilakukan untuk mengenal pola-pola strategi yang harus diterapkan pada kondisi ketidaksempurnaan ketersediaan informasi.

SBI 752      Lingkungan Ekonomi dan Bisnis    2
Mata kuliah Lingkungan Ekonomi dan Bisnis (LEB) memperkenalkan mahasiswa pada perubahan dan tantangan dari manajemen dalam dunia yang dinamis. Pemasaran multinasional dan kompetisi global, kekuatan teknologi, perbedaan sosiokultural dari tenaga kerja berpendidikan, penekanan mengenai kesadaran lingkungan, tanggung jawab sosial dan perilaku etika manajerial, secara radikal telah mengubah tataran bisnis dan manajemen di dunia. Mata kuliah ini mengadaptasi perspektif manajerial mengenai aplikasi-aplikasi praktis dari konsep-konsep dan teori-teori ekonomi dan bisnis. Mata kuliah Lingkungan Ekonomi dan Bisnis ditekankan pada tren perubahan struktur dan praktek-praktek manajemen di masa depan. Perubahan tersebut dalam hal ini dinyatakan sebagai respons dari perubahan perekonomian global-regional-nasional, serta percepatan aplikasi teknologi baru yang akan mempengaruhi aktivitas manajerial dalam organisasi.

SBI 791      Metode Riset Bisnis Lanjut    3
Mata kuliah Metode Riset Bisnis Lanjut (MRBL) ini membahas berbagai disain penelitian untuk bidang bisnis dan manajemen.  Berbagai alat analisis lanjut akan dibahas penerapannya untuk menganalisis data penelitian.  Mata kuliah ini juga membahas prosedur dan tata cara melakukan penelitian dan penulisan disertasi  doktor.

C.  MATA KULIAH KONSENTRASI

A. Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia

SBI 712     Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjut    3
Pendalaman dilakukan pada Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjut (MSDML), yang ditekankan pada akuisisi keahlian yang diperlukan untuk pengembangan, analisis, serta evaluasi kritis prosedur-prosedur dan keluaran sumber daya manusia. Hal-hal yang dipelajari dalam mata kuliah ini berkaitan dengan isu-isu dan berbagai keahlian yang diperlukan dalam optimalisasi kinerja sumber daya manusia. Tujuan dari pembelajaran mata kuliah ini adalah untuk memberikan keahlian-keahlian kritis kepada para mahasiswa, yang penting dalam pengembangan, implementasi, dan evaluasi program-program pengelolaan sumber daya manusia.

SBI 713     Manajemen Perubahan    3
Di dalam mata kuliah Manajemen Perubahan (MPr) dibahas mengenai pengembangan dan pengelolaan perubahan dalam organisasi. Pokok-pokok bahasan yang diberikan meliputi asumsi-asumsi manajemen perubahan, strategi perubahan dan pergeseran mutu, manajemen transisi, pendekatan diagnostik, riset dan pembelajaran, intervensi organisasi, konsultasi, pelatihan dan pendidikan, serta politik dan kekuatan organisasi.

SBI 714     Sistem Hubungan Industrial    3
Mata kuliah Sistem Hubungan Industrial (SHI) secara sistematis menyajikan pendalaman mengenai perilaku kerja dan tenaga kerja dalam kaitannya dengan industri, yang berhubungan dengan konsep-konsep psikologi dan kajian-kajian empiris mengenai pemilihan pekerjaan, desain pekerjaan, kepuasan kerja, serta penambahan tenaga kerja. Metodologi-metodologi yang digunakan dalam menganalisa psikologi organisasi, serta perilaku individu, kelompok dan organisasi juga diperkenalkan di dalam mata kuliah ini.

B. Konsentrasi Manajemen Keuangan dan Investasi

SBI 732      Keuangan Empiris    3
Mata kuliah Keuangan Empiris  (KE) membekali mahasiswa dengan teori dan konsep keuangan serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari lebih lanjut metode-metode riset empiris dalam bidang keuangan. Topik bahasan akan mencakup sifat-sifat asset returns, asset pricing models (CAPM dan APT), masalah efisiensi pasar, serta event study. Selain itu dibahas pula tentang pasar obligasi, pasar valas serta review dan aplikasi model-model ekonometrika dalam menguji hipotesa efisiensi pasar.

SBI 733      Teori Keuangan Lanjut    3
Kuliah Teori Keuangan Lanjut (TKL) merupakan kelanjutan kuliah Keuangan Perusahaan yang diperoleh pada tingkat kuliah magister. Mata kuliah ini sebagai mata kuliah terakhir maka penekanannya sangat luas seperti pemahaman teori-teori keuangan, metode penelitian dalam bidang keuangan, model, konsep variable keuangan proxynya, kritisasi terhadap hasil yang diperoleh dan termasuk ekonometrika yang digunakan dalam penelitian.

SBI 734      Teori Investasi Lanjut    3
Tujuan dari mata kuliah Teori Investasi Lanjut (TIL) adalah mengenalkan mahasiswa doktor dengan teori investasi melalui diskusi artikel dan buku-buku dengan topik penting mengenai investasi. Topik yang disampaikan pada mata kuliah ini antara lain : Risk Return, Mean-variance, Portofolio theory, Asset Pricing (CAPM, APT, Derivatives, Inter-temporal CAPM, Consumtion CAPM), Market Efficiency, Agency Theory in Investment, Contract Theory in Investment, Portofolio Performance Evaluation, Internasional Investmen, Market Microstuctur dan research in Bond.

C. Konsentrasi Manajemen Pemasaran

SBI 741      Pemasaran Strategik    3
Di dalam mata kuliah ini diperdalam kebutuhan konsumen, pengembangan produk, positioning produk dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen, serta implementasi strategi pemasaran. Hal-hal yang dikaji di dalam mata kuliah ini adalah konsep-konsep pemasaran, lingkungan pemasaran, perilaku konsumen, riset pemasaran, perencanaan pemasaran strategik, serta implementasi dari konsep-konsep pemasaran.

SBI 742     Riset Pemasaran dan Konsumen              3
Mata kuliah Riset dan Perilaku Konsumen (RPK) difokuskan pada faktor-faktor internal (psikologi) dan eksternal (sosiologi) yang mempengaruhi pilihan-pilihan konsumen. Di dalam mata kuliah ini dikaji integrasi konsep-konsep perilaku konsumen dengan metode riset pemasaran yang sesuai untuk mereduksi resiko komunikasi pemasaran strategik. Kegunaan dari sejumlah model perilaku konsumen yang berhubungan dengan sikap konsumen juga dikaji di dalam mata kuliah ini.

SBI 743     Pemasaran Global    3
Mata kuliah Pemasaran Global (PG) berhubungan dengan teori-teori dan praktek-praktek pemasaran internasional. Topik-topik yang dibahas meliputi pemasaran internasional, lingkungan ekonomi-sosio-politik, international marketing intelligence, kebijakan produksi internasional, distribusi, promosi internasional, penentuan harga untuk pasar internasional, serta pemasaran internasional untuk jasa.

D. Konsentrasi Manajemen Agribisnis

SBI 771      Teori Organisasi Industri    3
Di dalam mata kuliah Teori Organisasi Industri (TOI) dikaji mengenai elemen-elemen dasar dan lanjutan dari teori organisasi industri, beserta aplikasi-aplikasi empirisnya pada pasar sumber daya alam dan komoditi-komoditi pertanian. Mahasiswa dapat melakukan kajian mengenai bidang-bidang struktur dan pengelolaan pemasaran sumber daya alam dan komoditi-komoditi pertanian, implikasi ekonomi berupa integrasi horizontal dan integrasi vertikal terhadap pasar, implikasi periklanan, diferensiasi produk, pasar pangan dan serat, serta pengaruh dari struktur pasar dan regulasi pemerintah pada penghasil bahan baku, serta pengolah dan konsumen produk-produk agribisnis. Hal yang ditekankan dalam mata kuliah ini adalah integrasi teori organisasi industri dengan metode-metode kuantitatif untuk mengatasi masalah yang muncul dalam struktur pasar dan dampak dari strategi pasar alternatif.

SBI 772     Rekayasa Proses Bisnis    3
Pada mata kuliah Rekayasa Proses Bisnis (RPB) mengkaji mengenai proses kreatifitas dalam merencanakan, merumuskan dan menjalankan suatu bisnis agar dapat bersaing dalam hal kualitas, biasa, kecepatan dan pelayanan sehingga mampu berkembang secara berkelanjutan. Bisnis yang berkelanjutan tersebut perlu didukung dengan proses bisnis yang sesuai dan mampu beradaptasi dengan situasi kompleks, dinamis dan ketidak pastian. Mata kuliah membahas kerangka proses bisnis industri manufaktur dan jasa, pendekatan dan pengembangan proses bisnis. Pembahasan juga akan mencakup berbagai tipe proses bisnis: Rekayasa Manajemen Rantai Rasok,   Rekayasa Bisnis Cerdas (Business Intelligent), Reka ulang proses busines, Aliansi Bisnis, Teknik kuantitatif dan kualitatatif serta alat-alat pendukungnya (Algoritma genetika, SCOR, Fuzzy system dan Intepretive structural model-ISM).


SBI 773     Analisis Kebijakan Agribisnis    3
Mata kuliah Analisis Kebijakan Agribisnis (AKA) mengkaji dampak dari implementasi kebijakan pemerintah pada petani, kegiatan agribisnis, pembayar pajak, dan konsumen. Pengkajian ditekankan pada analisis dampak perubahan kebijakan terhadap kegiatan on-farm, implikasi peningkatan resiko, serta peranan pemerintah dalam mereduksi resiko. Riset yang dilakukan dalam bidang ini ditujukan pada pengkajian badan-badan pemerintah, organisasi agribisnis, dan para pelaku dalam agribisnis. Riset kebijakan perdagangan dilakukan dengan ditekankan pada isu-isu keunggulan komparatif. Keahlian khusus yang diperoleh melalui pendalaman mata kuliah ini adalah analisis program budi daya, dampak kebijakan regional di level on-farm, dampak kebijakan makroekonomi, kebijakan lingkungan, serta kebijakan pembangunan.