beranda » iama » profil Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Ikatan Alumni Magister Manajemen Agribisnis

Ikatan Alumni Magister Manajemen Agribisnis IPB (IAMMA-IPB) merupakan sebuah organisasi profesi yang bersifat keilmuwan. Organisasi ini berdiri pada tanggal 25 September 1999 di Bogor, pada acara Musyawarah Nasional I Alumni MMA-IPB, dan juga telah melaksanakan Munas yang kedua pada tanggal 5 April 2003.

Cikal bakal organisasi IAMMA-IPB adalah Himpunan Alumni Magister Manajemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor (HAMMAGRI-IPB) yang didirikan oleh sekelompok alumni MMA-IPB yang peduli akan perlunya suatu wadah yang dapat menampung aspirasi para alumni dan pengembangan agribisnis di Indonesia pada tanggal 29 September 1995 di kampus MMA-IPB Bogor. Sebagai suatu organisasi, IAMMA-IPB memiliki kelengkapan organisasi yang terdiri dari pengurus dan dewan penasehat.

Kantor Sekretariat IAMMA-IPB diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2001 yang bertempat di Komplek Gedung MMA-IPB.  Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Ketua Umum Ikatan Alumni Bapak Dr. H. Ishartanto, SE., MM dan Direktur MMA-IPB Bapak Prof Dr. Ir. E. Gumbira Sa’id, MADev.

GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI
IKATANALUMNI MAGISTER MANAJEMEN AGRIBISNIS
INSTITUTPERTANIAN BOGOR (IAMMA IPB)


A. VISI

Menjadi organisasi profesional di bidang agribisnisyang terdepan dalam memberikan kontribusi penting bagi perkembangan agribisnisIndonesia. (Leading professional organization for the leading sector).

B. MISI

Menjadi forum komunikasi antar alumni MMA-IPB dalam rangka menunjang profesionalisme di bidang agribisnis.
Memberikan kontribusi bagi pengembangan MMA-IPB.
Memberikan kontribusi penting bagi pengembangan agribisnis di Indonesia

C. NILAI-NILAI

  1. Kebersamaan : setiap langkah organisasi selalu mengutamakan kepentingan bersama Alumni MMA-IPB dan setiap anggota sadar sebagai bagian darikeluarga besar Alumni MMA-IPB.
  2. Manfaat : setiap langkah organisasi harus memberikan manfaat kepada anggota, almamater ataupun masyarakat umum secara luas.
  3. Responsif : organisasi berjalan atas dasar kebutuhan dan harapan anggota, menghormati gagasan anggota, mendorong partisipasi anggota dan memberikan komitmen kepada anggota.

D. SASARAN
  1. Terselenggaranya komunikasi yang efektif dan bermanfaatantar anggota IAMMA-IPB.
  2. Terciptanya kontribusi yang penting bagi pengembanganMMA-IPB.
  3. Terwujudkannya kontribusi yang penting bagi pengembanganagribisnis di Indonesia

E. STRATEGI
  1. Membuat persebaran anggota IAMMA-IPB.
  2. Menciptakan media komunikasi yang efektif bagi para anggota.
  3. Menyelenggarakan forum-forum IAMMA-IPB kajian agribisnisdalam rangka meningkatkan profesionalisme anggota maupun pengembanganagribisnis pada umumnya.
  4. Memantapkan peranan Ikatan Alumni MMA-IPB dalam wacanaagribisnis nasional.