beranda » mms » MMS Mail5 pdf word print Bookmark and Share

KENAPA MAGISTER MANAJEMEN SYARIAH


Perkembangan perekonomian syariah di Indonesia sangat pesat sejak berdirinya Bank syariah pertama tahun 1991. Perkembangan tidak hanya terjadi di bidang perbankan, melainkan juga terjadi pada berbagai bidang seperti asuransi, reksadana, pegadaian dan bisnis riil. Melihat masih kecilnya pangsa perekonomian syariah dan besarnya potensi yang belum tergarap, perkembangan yang pesat ini diperkirakan akan terus berlangsung dalam waktu yang lama ke depan.

Pada satu sisi, fenomena perkembangan perekonomian syariah merupakan suatu hal yang menggembirakan. Namun, pada sisi lain muncul kekhawatiran jika dilihat kesiapan sumberdaya manusia (SDM) dan kelembagaan dalam mendukung perkembangan tersebut. Kepeloporan kalangan praktisi tanpa didukung oleh SDM dan kelembagaan yang memadai tidak saja pada akhirnya akan dapat menghambat perkembangan itu sendiri, bahkan dapat merusak citra perekonomian syariah di masa yang akan datang. Tidak kompetennya SDM dan tidak siapnya kelembagaan pendukung dapat menyebabkan kalangan praktisi mengedepankan pragmatisme dalam praktek di lapangan dan pada akhirnya menimbulkan kesan bahwa perekonomian syariah ternyata sama saja dengan sistem konvensional.

Dengan potensi yang dimiliki, SB-IPB menjawab tantangan di atas dengan menawarkan program MM syariah yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas SDM untuk menjadi lebih mumpuni dalam berkiprah pada sektor bisnis syariah. Berdiri sejak tahun 1991, SB-IPB telah terakreditasi A atau Baik Sekali oleh Badan Akreditasi Nasional. Untuk penjaminan mutu penyelenggaraan, SB-IPB telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.

KENAPA MB - IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu Perguruan Tinggi terdepan di Indonesia. IPB merupakan perguruan tinggi yang memiliki sekolah pascasarjana pertama di Indonesia yang menawarkan berbagai disiplin ilmu da salah satu diantaranya adalah Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB)

Program Magister Manajemen Syariah merupakan salah satu program S2 yang diselenggarakan oleh SB-IPB. SB-IPB senantiasa berperan aktif dalam menciptakan tenaga-tenaga profesional yang bermutu dan berupaya untuk menjadi 'center of excellence' yang menawarkan pendidikan,
penelitian, konsultasi dan pelatihan di bidang manajemen berlandaskan ilmu pengetahuan, etika dan moral yang tanggu.

Sejak berdiri tahun 1991, SB-IPB telah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan tinggi manajemen yang berprestasi, dengan dikeluarkannya sertifikasi oleh Badan Akreditasi NAsional Perguruan Tinggi dengan nilai A (Baik Sekali). Komitmen terhadap kualitas pelayanan MB-IPB ditunjukkan dengan diaplikasikannya IS0 9001:2008.