beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
17-Apr-2018

DUA MAHASISWA SB-IPB, M. FIRMAN ARDIYANSYAH DAN RADEN AJENG FAADHILA, JUARA 1 DALAM NATIONAL ENGLISH COMPETITION

Sampah menjadi masalah krusial di negeri ini, tak terkecuali sampah makanan. Sehingga pencegahan dilakukan dari sosialisasi mengenai bahaya sampah yang menumpuk hingga mendaur ulang sampah menjadi produk yang memiliki nilai guna. Solusi yang dicetus Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) cukup unik untuk menanggulangi permasalahan sampah makanan di Indonesia.

Dilansir dari laman IPB, Rabu (18/4/2018), dua mahasiswa Sekolah Bisnis (SB) IPB, M. Firman Ardiyansyah dan Raden Ajeng Faadhila, memberikan ide mengelompokkan makanan di restoran berdasarkan standar ukuran.

Mereka melakukan penelitian yang berjudul “Standarisasi Konsep Size S, M, L pada Menu Makanan di Restoran sebagai Solusi Masalah Limbah Makanan untuk Menciptakan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”.

Firman menjelaskan, mengenai standarisasi size menu makanan adalah memberikan ukuran S, M, L untuk nasi terlebih dahulu.



“Ukuran S untuk porsi kecil, yaitu sama dengan 3/8 gelas beras (setara dengan 50 gram), ukuran M untuk porsi moderat atau yang biasa di makan, yaitu 3/4 gelas beras (setara dengan 100 gram), dan ukuran L untuk porsi besar dengan 9/8 gelas beras (setara dengan 150 gram),” jelas dia.

Firman dan kawannya berharap dengan adanya standarisasi size makanan ini dapat mengurangi kerugian pangan yang terjadi pada tahap konsumsi dan mewujudkan tujuan dari pembangunan yang berkelanjutan, yaitu Responsible Consumption and Production (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab).

“Semoga ide standarisasi size makanan ini dapat diimplementasikan di restoran-restoran seluruh Indonesia, sehingga dapat menjadi solusi permasalahan limbah pangan, serta mendorong terwujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” imbuh Firman.

Penelitian mereka berhasil menjadi Juara 1 dalam National English Competition yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (HMJBSI), Universitas Negeri Medan baru-baru ini. Perlombaan tersebut diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia.

(sus)

Sumber: https://news.okezone.com/read/2018/04/17/65/1887891/mahasiswa-ipb-cetus-standarisasi-size-menu-mirip-ukuran-baju

kembali ke arsip