beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
14-Feb-2017

KERJASAMA MAFF DAN SB-IPB DALAM GLOBAL FOOD VALUE CHAIN

CEO Forum – Kerjasama antara MAFF (Ministry of Agriculture, Forestry) and Fisheries dan SB-IPB berlanjut kembali yang sebelum pernah dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2016. Selain SB-IPB menghadirkan perwakilan eksekutif dari perusahaan jepang, SB-IPB juga berpatisipasi dalam Short Course Japanese Factory Visit diikuti oleh 4 orang mahasiswa, 1 orang dosen, serta pihak pemerintahan untuk mengunjungi perusahaan-perusahaan yang berada di Jepang.

Tahun 2017, lanjutan kerjasama ini diawali dengan kegiatan CEO Forum yang mendatangkan eksekutif dari perusahaan-perusahan jepang yang bermitra dengan MAFF sebanyak 5 kali pertemuan. Pertemuan pertama pada selasa, 14 Februari 2017 SB-IPB menghadirkan perwakilan dari perusahaan Yamato Transport yaitu, Takahiro Kosaka dan Eietsu Sakuraba. Selain itu hadir pula dari Project Coordinator dari MAFF Eji Hatano bersama Asistennya Kenji Yoshida, serta Staff Sekretariat ASEAN Maria Octora, dan juga turut hadir Hiroshi Akutsu yang merupakan Deputy Director dari ASEAN FOOD Industries Human Resources Development Association.

Pemaparan dari Perusahaan Yamato Transport dimoderator oleh Siti Jahroh, Phd. bahwa perusahaan ini telah ada sejak tahun 1919 sebagai perusahaan pengiriman. Perusahaan ini melakukan pengirim dengan memasukan nilai tambah pada pengirimannya seperti pengiriman door to door delivery atau pengiriman dari proses penjemputan, pengiriman, hingga ke proses penyerahan langsung ke tujuannya dengan Brand TA-Q-BIN. Hal ini menjadikan perusahan Yamato Transport menjadi perusahaan yang terbesar dalam bidang pengiriman dan pengangkutan barang. Sebesar 47,7% pangsa pasar bidang pengiriman di Jepang dikuasai oleh Yamato Transport. Selain itu mereka membuktikannya pada tahun 2016 menjadi perusahaan urutan pertama dalam kepuasaan konsumen dari penelitian Nikkei research. Menjaga kualitas dan penjaminan barang yang mereka kirim merupakan salah satu bentuk untuk menjaga loyalitas dan kepuasaan konsumen mereka. Untuk itu mereka akan terus mengembangkan bisnisnya di dunia sebagai perusahaan pengiriman yang mengobal.

Uraian dari pemaparan yang telah dijelaskan oleh Perusahaan Yamato Transport bahwa saat ini globalisasi menuntut setiap perusahaan untuk terus meningkatkan nilai tambah. Salah satunya adalah mata rantai distribusi yang merupakan mata rantai dimana perusahaan Yamato Transport ini berjalan. Untuk itu pentingnya kegiatan CEO Forum ini akan menambah pengetahuan peserta untuk mengetahui pentingnya nilai tambah dan juga implementasi perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah. (AR)

 

kembali ke arsip