beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
23-Oct-2017

ENTREPRENEURIAL DAY SB IPB 2017, AJANG ENTREPRENEUR MUDA BERGENGSI DI KOTA BOGOR

 

Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (BEM SB-IPB) sebagai BEM pertama di wilayah kampus SB-IPB menginisiasi terselenggaranya kegiatan Entrepreneurial Day (ENTRY) 2017 sebagai event bergengsi di Kota Bogor. Dengan mengangkat tema “Realizing Creativepreneur’s Potential in Indonesia”, kegiatan ENTRY 2017 dijadikan sebagai ajang bertemunya para calon wirausaha muda Indonesia. Kegiatan ENTRY 2017 ini terdiri atas lima rangkaian kegiatan yang berjalan secara paralel, diantaranya talkshow inspiratif, kompetisi bisnis model dan jurnalistik, SB visit, SB mini expo serta hiburan yang berlangsung meriah di lingkungan Kampus SB-IPB dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas, pelajar SMA/SMK serta masyarakat umum.

  Talkshow ENTRY 2017 dibagi ke dalam tiga sesi yang diisi oleh 5 pembicara yang berasal dari praktisi bisnis yang handal di bidangnya. Sesi pertama merupakan sesi technopreneur yang diisi oleh Gesa Falugon sebagai Co-Founder PT Ramesia Mesin Indonesia dan Radyum Ikono selaku CEO Nano Center Indonesia. Pada Sesi pertama ini dimoderatori oleh Fitriyyah Shalihati selaku pelaku usaha yang bergerak di bidang technopreneur. Sesi kedua merupakan sesi sociopreneur yang diisi oleh Muhammad Junaedi selaku campaign support manager kitabisa.com dan dimoderatori oleh Muhammad Rafky. Sedangkan pada sesi ketiga yang mengangkat tema creativepreneur diisi oleh Edward Widjonarko selaku founder cicil.co.id dan Mega Tri Agustina selaku community manager bukalapak, sesi ini dimoderatori oleh Muhammad Aninditio. Antusiasme 142 peserta talkshow yang berasal dari berbagai kalangan serta mahasiswa se-Jabodetabek menambah kemeriahan di Gedung Mahoni Kampus SB-IPB.

 

Suasana di ruangan SB Visit

Selain suasana talkshow yang meriah di Gedung Mahoni, suasana SB visit di Ruang Sungkai pun tak kalah menarik perhatian. SB visit diikuti oleh siswa SMA/SMK Se-derajat Se-Jabodetabek untuk mengenal lebih jauh dan merasakan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa SB-IPB selama satu hari. Kegiatan yang dilaksanakan dalam SB visit terdiri atas campus tour, simulasi marketing class, simulasi startup business class serta sesi diskusi bersama mahasiswa berprestasi dan duta SB-IPB.


 

Di sisi lain, ketegangan dan suasana kompetisi yang kompetitif dan sportif sangat terasa di Ruang Damar pada saat top 10 finalis business model competition mempresentasikan ide bisnisnya di hadapan para juri dan 9 finalis lainnya. Dewan juri yang pada kesempatan kali ini mengkritisi dan menilai ide bisnis 10 finalis business model competition adalah Dr. Aji Hermawan, MM, Dr. Ir. Idqan Fahmi, MEc,  Febriantina Dewi, SE, MSc, serta Leonardo Wibowo. Hasil dari penilaian dewan juri memutuskan bahwa juara 1 business model competition adalah tim Hiro (STMK Trisakti), juara 2 adalah tim Tinners (Institut Pertanian Bogor), juara 3 adalah SabunQu (Universitas Brawijaya), juara favorit dimenangkan oleh Simarjarunjung (Universitas Sumatera Utara) dan best presentation adalah 05-SQUAD (Institut Pertanian Bogor).

   

 

Selain business model competition, ENTRY 2017 juga menyelenggarakan kompetisi jurnalistik untuk kategori SMA dan umum. Juara jurnalistik kategori SMA adalah Cahyania Nursyabani dari SMAN 1 Sumedang, sedangkan juara jurnalistik kategori umum adalah Muhammad Mufli (Universitas Brawijaya). Kategori best article dinobatkan kepada Ibnu Rizki Pradana (Universitas Padjajaran) dan best fotografi diberikan kepada Fanny Fairuz Pradypna (Institut Teknologi Sepuluh November).

  Suasana di luar ruangan juga tak kalah meriahnya dengan berdirinya stand-stand SB mini expo yang menjajakan produk-produk mahasiswa SB-IPB, hiburan dan live music yang menambah kemeriahan acara Entrepreneurial Day 2017. (Fitri Kinasih)

kembali ke arsip