beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
25-Apr-2017

CEO FORUM: PERSPEKTIF BISNIS BAGI NEGARA RAWAN BENCANA

Hari ini (Selasa 25 April 2017) Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB) kedatangan salah satu peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bapak Dr. Udrekh dalam kegiatan Kapita Selekta Manajemen dan Bisnis. Beliau yang merupakan kelahiran Padang ini sharing tentang Perspektif Bisnis bagi Negara Rawan Bencana.

Indonesia yang merupakan salah satu negara yang tinggi dalam index bencana dunia, menjadi ‘supermarket bencana’ karena kebutuhan akan peralatan penanggulangan dan penanganan bencana. Bapak Udrekh yang juga merupakan lulusan Jepang ini mengkomparasikan bencana Aceh yang terjadi tahun 2004 dengan bencana Tohuku di Jepang tahun 2011. Jepang hanya memerlukan waktu 2 tahunan untuk melakukan recovery bencana dan pemulihan ekonomi sedangkan Indonesia memerlukan waktu 10 tahun dan itu pun belum bisa berbuat banyak.

Hal tersebut menurut beliau terjadi karena beberapa hal, diantaranya budaya masyarakat serta cara Pemerintah menangani dan belajar dari bencana-bencana yang terjadi sebelumnya di negeri ini. Menurut beliau, seharusnya Indonesia sudah menjadi negara yang menjadi “Pakar” dalam bidang bencana jika mau belajar dari bencana yang sering melanda negeri ini.

Materi lengkap bisa di download disini.

kembali ke arsip