beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
13-Dec-2016

SELAMAT ATAS TERINDEKSNYA JABM DI DIRECTORY OF OPEN ACCESS JOURNALS (DOAJ)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan situs ilmiah yang memuat daftar direktori jurnal akses terbuka (open access) dari seluruh dunia. DOAJ pertama kali diluncurkan tahun 2003 di Universitas Lund Swedia, lalu diambil alih pengelolaannya oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA) sejak bulan Januari 2013. DOAJ bermaksud menjadi titik awal layanan referensi dan materi ilmiah yang bersifat open access (akses terbuka).

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Bisnis IPB. JABM pertama diterbitkan pertama kali pada agustus tahun 2015 dengan frekuensi 3 kali dalam setahun yaitu Januari, Mei dan September.JABM menerbitkan artikel di bidang aplikasi bisnis dan manajemen seperti manajemen startegi bisnis, manajemen keuangan, sumberdaya manusia dan organisasi, rantai nilai bisnis dan isu-isu lain dalam bidang bisnis dan manajemen.

Dengan terindeksnya JABM pada DOAJ pada 12 Desember 2016, melengkapi jurnal SB-IPB lainnya yang sebelumnya telah terindeks di DOAJ yaitu Indonesian of Journal Bussiness and Entrepreneurship (IJBE) dan Jurnal Manajemen Agribisnis (JMA) (Terakreditasi Kemenristek Dikti).


Manfaat terindeksnya di DOAJ, antara lain:

  1. Meningkatnya jumlah pengunjung. Hal ini disebabkan DOAJ lebih dari 900 000 tampilan halaman dan 300 000 pengunjung unik per bulan untuk DOAJ dari seluruh dunia.
  2. Banyak agregator, database, perpustakaan, penerbit dan portal pencarian mengumpulkan metadata gratis (DOAJ) dan memasukkannya ke dalam produk mereka seperti Scopus, Solusi Serial dan EBSCO.
  3. DOAJ adalah OAI compliant dan setelah sebuah artikel di DOAJ
  4. DOAJ adalah OpenURL compliant dan setelah sebuah artikel di DOAJ, maka secara otomatis ditautkan.
  5. Lebih dari 95% dari pembaca DOAJ atau penerbit mengatakan bahwa DOAJ penting untuk meningkatkan visibilitas jurnal
  6. DOAJ sering dikutip sebagai sumber kualitas, jurnal akses terbuka dalam penelitian dan penerbitan ilmiah.

 

kembali ke arsip