beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
15-May-2018

CEO FORUM: PELUANG DAN TANTANGAN KAKAO INDONESIA


(Bogor, 15/05/18) SB-IPB kembali menyelenggarakan CEO Talk and Entrepreneurial Development Forum. Pada Kesempatan ini SB-IPB menghadirkan Bapak Sindra Wijaya selaku Corporate Affair Director PT. Bumitangerang Mesindotama (BT Cocoa). Kegiatan tersebut dihadiri 29 mahasiswa Program Magister Manajemen SB-IPB. Bapak Sindra Wijaya berbagi pengalaman tentang Peluang dan Tantangan Kakao Indonesia kepada mahasiswa Program Magister Manajemen dan Bisnis angkatan R59.

Menurut data yang disampaikan oleh beliau yang diambil dari ICCO (The International Cocoa Organization), tahun 2017 Indonesia berada pada peringkat ke 4 dunia sebagai penghasil kakao. Data tersebut mengalami penurunan setelah sebelumnya berada pada peringkat ke 2.

Penurunan disebabkan banyaknya alih fungsi lahan menjadi perkebunan sawit, hama PBK dan VBS yg belum bisa diatasi secara tuntas, kondisi perkebunan yang sudah berumur diatas 30 tahun dan rendahnya produktivitas produksi.

Beliau berharap produksi dan produktivitas kakao Indonesia semakin baik dan meningkat serta mampu menciptakan nilai tambah sehingga dapat diekspor dengan nilai lebih tinggi dibandingkan ekspor biji kakaonya.

kembali ke arsip