beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
18-Jan-2018

IPB BUKA JALUR KETUA OSIS JADI MAHASISWA, BEGINI PROSEDURNYA

Institut Pertanian Bogor atau IPB memberikan kempatan kepada ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMU negeri dan swasta menjadi calon mahasiswa melalui jalur khusus.

"Penerimaan calon mahasiswa menggunakan jalur test bagi ketua OSIS ini belum resmi kami umumkan, namun masih terus digodok, Insya Allah Februari akan kami umumkan," kata Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria pada Rabu 17 Januari 2018.

Program yang sedang digodok itu bernama Seleksi Ujian Talenta Mandiri Ketua OSIS Berprestasi. Arief Satria mengatakan, program tersebut diharapkan dapat menjaring calon mahasiawa yang bukan hanya berprestasi dalam nilai akademik semata.

“Kami harapkan mereka pun memiliki jiwa kepemimpinan. Dengan menjabat sebagai ketua OSIS tentunya siswa otomatis bertanggungjawab mengelola organisasi di sekolahnya," kata dia.

Kepala Biro Hukum, Promosi dan Hubungan Masyarakat Yatri Indah Kusumastuti mengatakan selain menjabat sebagai ketua OSIS, para calon juga harus memenuhi kriteria lainnya.

“Dalam kriteria ini selain ketua OSIS, seperti jalur masuk lainnya, prestasi akademik yang bersangkutan menjadi salah satu yang dipertimbangkan," kata dia

Dia mengatakan, ketua OSIS yang mengikuti test kriteria talenta mandiri ini bisa mendaftarkan dirinya ke berbagai program studi yang ada di IPB.

Sama halnya dengan siswa yang mendaftarkan diri melalui jalur mandiri non-test, kata Yatri, seperti jalur prestasi internasional atau beasiswa utusan daerah, atau jalur SNMPT dan SBMPTN.

Calon mahasiswa IPB dari jalur ketua OSIS ini harus memiliki pandangan terhadap kewirausahaan pertanian berkaitan dengan posisi IPB sebagai institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia di bidang pertanian, kelautaan dan biosains tropika.

"Diharapkan kelak mereka akan menjadi penggerak pembangunan pertanian melalui kepemimpinan yang telah dimiliki sejak muda," kata dia.

Berdasarkan informasi, syarat Seleksi Ujian Talenta Mandiri Ketua OSIS Berprestasi adalah lulusan SMA jurusan IPA dan pernah menjabat ketua OSIS sekurangnya satu periode.

Jabatanya sebagai ketua OSIS ini harus berdasarkan SK kepala Sekolah

“Namun dia juga memiliki nilai akademik untuk MK MAFIKIB sekurangnya 7.5," kata dia.

Peserta juga wajib menyertakan sinopsis pandangan terhadap dunia pertanian dan kewirausahaan pertanian, serta menyatakan kesediaan untuk dibina dalam bidang kepemimpinan dan kewirausahaan pertanian. Pendaftaran masuk IPB mulai 1 Mei - 1 Juni 2018.

sumber: https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/ipb-buka-jalur-ketua-osis-jadi-mahasiswa-begini-prosedurnya/ar-AAuPMKZ

kembali ke arsip