beranda » beranda » view Mail5 pdf word print Bookmark and Share
15-Mar-2017

CEO FORUM: “LESSON LEARN” PT AEON DAN YOSHINOYA HOLDING DARI JEPANG

(Bogor, 14 Maret 2017) Pada kesempatan ini CEO Forum SB-IPB menghadirkan pembicara-pembicara dari perusahaan yang berasal dari Jepang yang telah sukses meraih pasar di Indonesia yaitu  PT AEON dan Yoshinoya Holding. Pembicara tersebut antara lain: Mr. Kishi Katsuki General Manager Quality Management Dept. AEON Co. LTD (perusahaan yang bergerak pada General Merchandise Store Business, Supermarket & Discount Store Business, Small-sized Store Business, Drugstore & Pharmacy Business, Finacial Service Business, Shopping Center Developmnet Business, Service and Specialty Store Business, Digital Business,  International Business, and Shared Function Companies), Bapak Sudarmadi Salim Director PT. AEON Credit Service Indonesia untuk bersama membahas masalah tersebut. Di samping itu, SB-IPB juga menghadirkan Hisashi Nagahiro dan Sutharat Wirachapan (Global HR Strategy Director Yoshinoya Holding). Yoshinoya (Salah satu group Yoshinoya Holding)  merupakan salah satu perusahaan Jepang yang bergerak dibidang makanan dengan  menyediakan produk dan layanan dengan fokus pada “lezat, harga rendah, dan cepat.


Acara yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen diawali dengan penyampaian oleh  Mr. Kishi Katsuki. Dalam paparanya Mr. Kishi Katsuki menyampaikan materi tentang Quality Management. Dalam mengelola perusahaan kita perlu memastikan keamanan pada setiap proses rantai pasokan termasuk manufaktur, pengolahan, menampilkan, dan penyimpanan. Setiap Barang akan dijual dipastikan dengan Quality Management Division. Hal ini dilakukan untuk Menetapkan standar, aturan dan sistem yang tetap. Dalam melakukan penjualan AEON Co. LTD melakukan lima hal yaitu 1) Mencerminkan suara pelanggan diproduk kita, 2)Menyediakan produk  yang aman, handal dan ramah lingkungan, 3) Memberi informasi produk yang mudah dipahami, 4) Menyediakan produk dengan harga terjangkau, 5) Jaminan kepuasan untuk pelanggan.

Selanjutnya, Bapak Sudarmadi Salim Director PT. AEON Credit Service Indonesia meyampaikan bagaimana cara AEON Co. LTD melakukan bisnis. Dalam Paparannya beliau berbagi pengalaman terkait kode etik bisnis AEON Co. LTD dan bagaimana cara mempertahankannya. Di AEON, memiliki dua bagian penting untuk mengimplementasikan  AEON CoC (Code of Conduct/Kode Etik) yaitu Business Ethics Team dan Internal Audit Department. Dimana, Business Ethics Team berfungsi di bawah Kepala HR Officer AEON Co Ltd untuk mempromosikan dan memantau pelaksanaan AEON CoC. Sebaliknya, Internal Audit Department bertugas melapor langsung kepada Komite AEON Manajemen (komite manajemen tertinggi) dan Komite Audit. Di samping itu, bertugas verifikasi on-situs di negara bagian pengembangan dan pengoperasian sistem pengendalian internal. Selanjutnya, Director PT. AEON Credit Service Indonesia juga memaparkan mengelola SDM pada AEON. PT. AEON Co. LTD melakukan 3 hal dalam meningkatkan kinerja yaitu dengan memastikan keamanan dalam bekerja, memastikan kondisi yang lebih baik dan memberi gaji yang besar sesuai bidangnya. Di samping itu menumbuhkan partisipasi aktif karyawan dengan berbagai kegiatan bersama seperti olah raga bersama, outbound, pelatihan dan yang lainnya.

 
 Sudarmadi Salim Director PT. AEON Credit Service Indonesia



Sesi Selanjutnya, Hisashi Nagahiro memaparkan bagaimana proses Yoshinoya bisa menjadi salah satu perusahaan yang maju dengan profit yang meningkat dari tahun ke tahun. Dalam mengelola dan mengembangkan perusahaan, yoshinoya menentukan kriteria yang akan dilakukan, yaitu tujuan (ide politik yang disebut demokrasi ekonomi), menciptakan mekanisme barang yang ditawarkan untuk massa umum, dan Teknik (pengembangan sistem merchandise massal). Selain itu, yoshinoya juga menentukan Food production country guna menentukan produk yang akan diproduksi. Dalam bidang SDM, Yoshinoya Holding memberikan training untuk karyawan baru untuk meningkatkan skill karyawan. Yoshinoya Holding juga memadukan Health, People, dan Technology untuk memajukan perusahaan. Selanjutnya, Sutharat Wirachapan memaparkan terkait bahan baku produk makanan dari Yoshinoya Holding yang didominasi oleh Tepung. Produk makanan Yoshinoya mengunakan bahan tepung yang telah dimodifikasi yaitu Polysaccharide dengan memiliki kandungan  glycosides, Amylose and Amylopectin. Sehingga produk makanan Yoshinoya Holding memiliki ciri khas baik bahan baku maupun produk yang dihasilkan. Acara diakhiri dengan diskusi bersama.


kembali ke arsip