beranda » profil » sejarah MB IPB Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Sejarah Sekolah Bisnis IPB


Gedung Lama MMA-IPB

Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) berawal dari Program Magister Manajemen Agribisnis (MMA-IPB) yang didirikan pada tanggal 25 September 1991 berdasarkan SK Rektor IPB No.103/Um/1991. Program yang ditawarkan pada saat itu hanya Program Magister (S2) bidang Manajemen Agribisnis.  Dalam pengembangannya, sejak tanggal 9 April 2005 MMA-IPB berubah sebutan dan status menjadi Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB (MB-IPB) berdasarkan SK Rektor IPB No.029/K13/OT/2005. Dengan status tersebut, selain menawarkan program Magister, Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis  IPB juga menawarkan program Doktor.

Pada tahun 2015, Program MB-IPB dielevasi menjadi Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) berdasarkan SK Nomor 5/IT3/OT/2015 tentang Pembentukkan Sekolah Bisnis IPB, dengan mandat menyelenggarakan Program Studi Sarjana Bisnis (S1), Program Studi Magister Bisnis (S2) dan Program Studi Doktor Bisnis (S3). Selain menyelenggarakan program pendidikan bergelar, SB-IPB juga menyelenggakan kegiatan penelitian, pelatihan dan konsultansi bisnis serta executive development program bekerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor menempati kawasan strategis di tengah kota Bogor ditunjang dengan berbagai fasilitas utama dan fasilitas pendukung pengajaran yang lengkap menjadikan SB-IPB semakin representatif sebagai kampus pencetak wirausaha terdidik di Indonesia.

Kualitas pembelajaran dan kenyamanan proses belajar mengajar selalu menjadi standar pelayanan terdepan. Kurikulum dan metode pembelajaran dikembangkan dengan orientasi keterbaruan, berstandar tinggi dan tepat guna. Dosen yang profesional dan kompeten serta didukung oleh dosen tamu yang dihadirkan secara berkala,  serta tenaga kependidikan yang terbaik di bidangnya. Penerapan jaminan mutu baik nasional maupun internasional, penerbitan jurnal terakreditasi dan majalah sebagai sarana publikasi serta kerjasama internasional dengan berbagai universitas dan institusi. Kegiatan perkuliahan didukung dengan fasilitas modern yang dilengkapi dengan perangkat penunjang berteknologi terkini, ruang diskusi yang nyaman serta fasilitas wifi. Perpustakaan menyediakan koleksi buku-buku teks dan publikasi ilmiah terkini, laboratorium computer, laboratorium pengembangan kewirausahaan, fasilitas asrama, fasilitas olahraga, studio musik serta fasilitas pendukung lainnya yang terus dibangun dan dikembangkan.

Untuk mengetehui lebih jauh mengenai informasi program studi yang ditawarkan Sekolah Bisnis IPB, kami telah menyediakan website ini.  Segala informasi tentang sejarah, program yang ditawarkan serta aktivitas lainnya dapat ditelusuri pada website ini.