beranda » sarjana bisnis » Mail5 pdf word print Bookmark and Share

Deskripsi Program S1 Bisnis

Program S1 Bisnis – Institut Pertanian Bogor merupakan program sarjana yang berada di Sekolah Bisnis IPB (SB-IPB). Program studi  Sarjana Bisnis dirancang untuk merespon tuntutan bangsa dan pasar agar lahir para wirausahawan muda yang handal, yang mampu mengelola kekayaan sektor pertanian, kelautan dan bio-sains  tropika yang dimiliki oleh Indonesia secara profesional dan berkelanjutan.

Jumlah wirausahawan muda dalam bidang bisnis dan industri berbasis pertanian, kelautan dan bio-sains tropika, saat ini dinilai masih sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhan bangsa. Bekal ilmu pengetahuan yang komprehensif dan implementatif belum cukup dalam mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

Untuk itu, di SB-IPB mahasiswa diyakinkan bahwa bisnis merupakan jalan karir mereka yang menjanjikan. Dimulai sejak dalam proses pendidikan, mahasiswa diajarkan untuk mendirikan dan menjalankan bisnis secara riil.

Program S1 Bisnis IPB dirancang untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, berjiwa entrepreneur, berpikir strategis, bertindak taktis dan berkarya inovatif.  Dengan kompetensi tersebut, setiap lulusan dididik untuk :

  1. Mampu melihat peluang dan memiliki keberanian untuk memulai bisnis.
  2. Memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola bisnis.
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif dalam menjalankan bisnis.
  4. Mampu berpikir analitis untuk mengambil keputusan bisnis dan pengembangan potensi pribadi.
  5. Mampu memutuskan dan berpikir strategis serta berani mengambil risiko. 
  6. Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab yang besar terhadap aspek lingkungan dan etika dalam menjalankan bisnis.

 

Lulusan akan bergelar Sarjana Bisnis (S.Bns). Program S1 Bisnis ini akan menghasilkan seorang entrepreneur, yang tidak hanya handal dalam keahlian manajemen tapi juga memiliki mentalitas seorang entrepreneur. Peluang karir untuk lulusan Sarjana Bisnis antara lain menjadi entrepreneur yang mampu mendirikan perusahaan atau usaha sendiri, menempati posisi-posisi strategis dalam manajemen dan eksekutif di berbagai instansi atau perusahaan, maupun menjadi konsultan bisnis yang handal